P5 SMAN 1 Geger Bersama KPU Kab.Madiun

P5 SMAN 1 Geger Bersama KPU Kab.Madiun

0
SHARE

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. IKM P5 menjadi istimewa karena penerapannya tidak terintegrasi dalam pembelajaran setiap mata pelajaran melainkan mempunyai porsi khusus dalam setiap alokasi jam mata pelajaran yang membuat peserta didik memiliki kesempatan untuk dapat mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka dengan belajar dari teman mereka, guru, bahkan sampai pada tokoh masyarakat sekitar dalam menganalisis isu-isu hangat yang terjadi di lingkungan sekitar.

Dalam penerapan Program P5 di SMA Negeri 1 Geger menggandeng KPU Kabupaten Madiun untuk memeberikan materi dan sosialisasi terkait P5 dengan tema suara demokrasi. Kegiatan di buka dengan sambutan Bapak Kepala sekolah SMA Negeri 1 Geger yang di wakili oleh Asisten Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yaitu Ibu OCTAVIANA KUSUMA LESTARI,S.Pd. dilanjutkan sambutan oleh Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Fahim Amrillah yang di dampingi oleh Staf Parmas ASN Endy Setyawan serta Tim. Dalam sosialisasi kali ini Fahim Menyampaikan Program Sosialisasi kepada pemilih pemula yang kebetula sesuai dengan kurikulum dari SMAN 1 Geger kabupaten madiun tersebut, yakni tentang Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dalam hal ini Fahim menambahkan juga tekait banyak Selaku Pemilih Pemula sangat memiliki Hak dalam pelaksanaan Pemilu, yakni Menerima dan memberikan Informasi Pemilu atau Pemilihan, Meminta dan mendapat konfirmasi dan/atau klarifikasi atas Informasi Pemilu atau Pemilihan dan lain lain.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan giat tanya jawab dengan Doorprice yang sangat antusias dilaksanakan dengan para siswa siwsi SMAN 1 geger. Kegiatan ini selesai pukul 11.00 WIB dengan lancar tidak ada kendala apapun.Anak-anak terlihat sangat antusias Karena rata-rata untuk anak kelas XI sudah memasuki usia 17 tahun sehingga di tahun depan mereka sudah memiliki hak memilih dalam pemilu 2024.

Semoga dengan adanya kegitan ini dapat menambah wawasan peserta didik mengenai pemilihan umum yang ada di indonesia sehingga saat mereka nanti menjadi pemilih mereka menjadi pemilih yang cerdas dan bijak sehingga bisa mendapatkan pemimpin-pemimpin bangsa yang berkualitas dan amanah.

SMAN 1 GEGER! SEKOLAH DIGITAL
SMAN 1 GEGER! JUJUR DAN BERPRESTASI

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.