PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) 2018-2019 SMA NEGERI 1 GEGER MADIUN

PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) 2018-2019 SMA NEGERI 1 GEGER MADIUN

0
SHARE

Kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran 2018/2019 ternyata sudah berada di penghujung waktu. Sudah menjadi sebuah kegiatan rutin bahwa setiap akhir pembelajaran selalu ada penilaian dan evaluasi. Hal ini ditujukan untuk memantau kemajuan serta melakukan perbaikan pembelajaran dan mengetahui sejauh mana keberhasilan peserta didik dalam menempuh kegiatan belajar sehingga pencapaian hasil belajar peserta didik dapat terukur. Melalui Penilaian Akhir Tahun ( PAT ), sekolah akan memperoleh data yang nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama 1 tahun pelajaran. Dengan demikian hal ini akan menjadi informasi yang bermakna untuk sekolah dalam menentukan kebijakan dan mengambil keputusan.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2018/2019 di SMAN 1 Geger ini  dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 22 Mei 2019. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kegiatan PAT di SMAN 1 Geger ini dilaksanakan dengan berbasis CBT (Computer Based Test), dimana pelaksanaan penilaian dilakukan secara online dengan menggunakan laptop masing-masing siswa . Apabila laptop siswa mengalami kendala atau tidak dapat digunakan, pihak panitia juga telah menyiapkan Lab. Komputer, sehingga sangat sedikit kemungkinan adanya kendala dalam pelaksanaan PAT online ini.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) di SMAN 1 Geger  kali ini diikuti oleh 595 peserta didik yang terdiri dari kelas X sebanyak 309 dan  kelas XI sebanyak 286 peserta didik. Dalam pelaksanaannya, peserta didik tersebut terbagi dalam 25 ruang ujian. Dikarenakan berbasis CBT maka banyak persiapan yang harus disiapkan oleh panitia. Diantara persiapan tersebut adalah kesiapan laptop, aplikasi ujian, dan akses internet yang memadai. Semua elemen tersebut harus dipastikan siap sebelum ujian dimulai. Hal yang sangat perlu diapresiasi dari pelaksanaan PAT di SMAN 1 Geger ini adalah walaupun dengan kapasitas peserta didik yang sangat banyak serta berbasis CBT, pelaksanaan PAT ini hanya berlangsung 1 sesi dengan 2 mata pelajaran per harinya. Jika tidak didukung oleh berbagai pihak dan elemen yang ada, sangat tidak mungkin hal tersebut dapat terlaksana dengan sukses dan lancar.

Gambar 1. Suasana Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis CBT (Computer Based Test)

Sebenarnya PAT berbasis CBT ini bukan sesuatu yang baru bagi SMAN 1 Geger. Hal ini sudah dimulai sejak tahun 2013 bahkan bisa dibilang sebagai pioner dalam hal PAT berbasis CBT di wilayah Kabupaten Madiun. Bukan tanpa alasan PAT berbasis CBT ini diterapkan di SMAN 1 Geger. Karena tuntutan perkembangan jaman yang serba berbasis IT, peserta didik harus segera disiapkan dan dibiasakan dengan IT. Banyaknya pelaksanaan ujian yang juga berbasis CBT, seperti ujian masuk perguruan tinggi, ujian CPNS, ujian sekolah kedinasan, dll. Dengan demikian jika peserta didik belum atau tidak terbiasa dengan pelaksaan ujian yang berbasis CBT, maka ketika pelaksanaan ujian tersebut peserta didik akan merasa canggung, serta butuh waktu untuk beradaptasi. Hal tersebut akan memecah konsentrasi peserta didik dalam pelaksanaan ujian. Alasan lain yang menjadi pertimbangan adalah dengan pelaksanaan PAT berbasis CBT ini ujian berlangsung lebih efektif, efisien, dan kondusif. Saat peserta didik telah menyelesaikan ujian, nilai dapat langsung diketahui di laptop siswa yang bersangkutan sehingga lebih adanya transparansi antara guru dan siswa. Walaupun berbasis online, tetapi pada aplikasi PAT SMAN 1 Geger ini telah dirancang sedemikian rupa agar peserta didik tidak dapat membuka aplikasi atau halaman lain selain aplikasi PAT ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dirancang oleh tim IT dan kurikulum dari SMAN 1 Geger sendiri, sehingga telah disesuaikan dengan kebutuhan SMAN 1 Geger. Agar peserta didik memiliki applikasi ini maka tim IT harus menginstall seluruh laptop peserta didik.

Penilaian Akhir Tahun kali ini bertepatan dengan bulan Ramadan 1440 H. Kendatipun para siswa sedang menjalani ibadah puasa, saat mengerjakan soal-soal ujian dari mata pelajaran, mereka tetap semangat dan bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan soal-soal yang mereka hadapi. Mereka tetap memegang komitmen bahwa walaupun prestasi itu penting, tetapi kejujuran juga harus diutamakan. Dengan demikian, melaui Penilaian Akhir Tahun secara online dan pembiasaan berlaku jujur ini, pihak sekolah berharap dapat memberikan bekal untuk para peserta didik dalam meraih prestasi yang gemilang dan masa depan yang sukses . (Siti Mariyani, M.Pd)

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.