Siswa SMAN 1 Geger Berlaga di OSN Geografi Tingkat Nasional

Siswa SMAN 1 Geger Berlaga di OSN Geografi Tingkat Nasional

0
SHARE

Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun ini SMA Negeri 1 Geger menyabet juara umum tingkat Kabupaten Madiun. Hebatnya lagi, ada tiga wakil dari SMAN 1 Geger yang maju ke tingkat kabupaten. Setelah saling beradu kecerdasan, tiga terbaik dipilih mewakili Kabupaten Madiun ke tingkat provinsi. Dari tiga terbaik itu, dua di antaranya berasal dari SMAN 1 Geger. Hingga Zahra Lintang Rahina, pulang membawa kebanggaan setelah masuk delapan besar Olimpiade Sains Nasional (OSN) Geografi tingkat Provinsi Jawa Timur. Pada 1—7 Juli 2018 mendatang, siswa dari kelas X MIPA 3 ini akan bertarung mewakili Jawa Timur di OSN Geografi tingkat nasional. ‘’Dari delapan besar, saya berada di urutan lima,’’ ujarnya.

Siswa asal Desa Purworejo, RT 02, RW 01, Geger, Madiun, ini memang menyukai pelajaran geografi. Tak heran jika dia mampu melahap habis semua materi kelas X, XI, dan XII. Awalnya Zahra sempat kesulitan mempelajari materi kakak-kakak kelasnya. Mengingat saat ini dia masih duduk di bangku kelas X. Namun, berkat hobinya membaca, Zahra mampu menguasai materi yang seharusnya belum dia dapatkan. ‘’Bimbingan Bapak Ibu guru juga sangat membantu,’’ ungkap siswa yang ingin menjadi pegawai pajak ini.

Hobi membaca novel sedari kecil membuat Zahra terbuka wawasannya. Dia menjadi cerdas memilah informasi penting. Begitu mendapat kepercayaan dari sekolah, dia langsung memburu buku-buku geografi dari perpustakaan, kakak kelas, bahkan dari internet. Informasi penting dirangkumnya agar lebih mudah dipelajari. Tidak hanya seputar materi pelajaran, tapi pengetahuan geografi dari luar tak luput dia catat.

Pada babak final nanti, putri pertama pasangan Sapto Herlambang dan Yuniari ini ingin pulang membawa hasil. Dia tidak ingin kembali dengan kekecewaan. Medali harus di tangan. Jika bukan emas, berarti harus perak atau perunggu. ‘’Pokoknya harus pulang bawa medali,’’ tegasnya.

Kepala SMAN 1 Geger Drs. Makmum Fathoni, M.Pd. begitu mengapresiasi keberhasilan yang diraih Zahra. Dia menuturkan, apa yang telah dicapai anak didiknya tersebut telah membawa kebanggaan bagi sekolah. Semua mata akan tertuju pada SMAN 1 Geger yang terbukti berhasil mengantarkan siswanya menuju puncak prestasi. ‘’Semoga Zahra bisa menang di tingkat nasional, sehingga bisa mengharumkan nama sekolah tercinta SMAN 1 Geger di kancah nasional,” harapnya.

Zahra: Yang Penting Bawa Pulang Medali

SHARE
Previous articlePendataan Alumni SMAN 1 Geger

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.