EXPO CAMPUS WITH IKASMAGER 2017 “KNOW YOUR CHOICE KNOW YOUR FUTURE”

EXPO CAMPUS WITH IKASMAGER 2017 “KNOW YOUR CHOICE KNOW YOUR FUTURE”

0
SHARE

Setiap tahunnya, Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Geger (IKASMAGER) mengadakan Expo Campus yang ditujukan kepada adik-adik kelas XII untuk mendapatkan informasi dari kampus impian mereka. Tidak hanya informasi yang didapat, tetapi melalui Expo Campus ini adik-adik juga mendapat motivasi, tips dan trik mengenai kiat-kiat masuk perguruan tinggi yang diinginkan. Pada tahun 2017 ini, panitia Expo Campus IKASMAGER adalah region Surabaya. Ada total 39 kampus yang mengikuti Expo Campus IKASMAGER 2017 ini, kampus-kampus tersebut dibagi 8 region untuk penempatan per kelas. Pembagian region Expo Campus adalah sebagai berikut :

  • Madiun-Ponorogo : Universitas Merdeka, Politeknik Negeri Madiun, IKIP PGRI Madiun, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madiun, Universitas Muhamadiyah Ponorogo dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo.
  • Surabaya 1 : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Surabaya.
  • Surabaya 2 : Universitas Airlangga, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Poltekes Kemenkes Surabaya dan Universitas Islam Negeri Surabaya.
  • Malang : Universitas Negeri Malang, Universitas Muhamadiyah Malang, Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Malang dan Poltekes Kemenkes Malang.
  • Jogja-Semarang : Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Poltekes Kemenkes Jogjakarta, Universitas Negeri Semarang, Akademi Maritim Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Institut Seni Indonesia, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, dan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian.
  • Solo : Universitas Negeri Surakarta dan Universitas Muhamadiyah Surakarta.
  • Jabodetabek : Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ahmad Yani.
  • Jember-Bali : Universitas Negeri Jember, Politeknik Negeri Jember dan Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.

Tema “Know Your Choice, Know Your Future” dipilih karena tema tersebut  menggambarkan bagaimana suasana hati adik-adik kelas 12 yang masih bingung akan memilih kampus atupun jurusan. Oleh karena itu Expo Campus SMA Negeri 1 Geger tahun 2017 ini ingin membantu adik-adik kelas XII untuk mengetahui dan menimbang bahwa apa yang mereka pilih akan menentukan kehidupan mereka di masa depan. Expo Campus With IKASMAGER menginginkan agar adik-adik kelas XII memilih sesuai dengan apa yang mereka inginkan, dan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing sehingga tidak akan menyesal setelah menentukan sebuah pilihan. Tujuan dari diadakannya Expo Campus ini adalah untuk membantu adik-adik kelas XII yang sebentar lagi akan menempuh jenjang pendidikan perkuliahan dengan memberikan informasi perkuliahan seperti jurusan kuliah, biaya kuliah, biaya hidup, jalur-jalur pendaftaran yang bisa ditempuh, hingga pengalaman-pengalaman perkuliahan yang dirasakan sendiri oleh kakak alumni SMA Negeri 1 Geger. Sehingga, diharapkan adik-adik kelas XII tidak salah memilih jurusan maupun kampus untuk melanjutkan pendidikan mereka.

Peserta dalam acara ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Geger mulai dari kelas XII IPA 1  hingga XII IPA 6 lalu kelas XII IPS 1 sampai XII IPS 3. Informasi yang didapat dari kegiatan Expo Campus yaitu tentang dunia perkuliahan seperti bagaimanakah kuliah itu, cara beradaptasi dengan lingkungan baru, cara mendapat relasi dan lain-lain. Selain itu, peserta dapat memperoleh informasi jalur masuk dan juga dunia perkuliahan di perguruan tinggi Indonesia seperti uang kuliah tunggal (UKT), biaya tempat tinggal, biaya hidup, fasilitas kampus, serta lingkungan di sekitar perguruan tinggi tersebut. Namun, peserta lebih banyak menanyakan terkait jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi yang diminati dan menyesuaikannya dengan nilai mereka di SMA untuk dapat lolos Seleksi Nasional Masuk Pergutuan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal-hal mendetail yang ingin diketahui dari acara ini lebih menekankan pada ketetatan seleksi masuk suatu jurusan, kualitas jurusan yang diinginkan, prospek kerja dan akreditasi jurusannya.

Para peserta sangat antusias dengan acara ini, mereka bahkan berebut tempat duduk peserta stand di setiap region. Selain di dalam kelas, panitia juga menyediakan tempat photo booth untuk para peserta dimana disana peserta dapat berfoto dengan jas almamater perguruan tinggi di Indonesia dan properti tulisan-tulisan yang menarik. Photo booth yang disediakan panitia berupa banner yang bertema Expo Campus IKASMAGER yang telah dihias dengan logo-logo perguruan tinggi Indonesia, sehingga peserta tidak jenuh dengan suasana Expo Campus yang hanya di dalam ruangan saja.

Acara Expo Campus IKASMAGER dimulai dengan pengenalan IKASMAGER yang disampaikan oleh Ketua IKASMAGER, Ginanjar Wahyu, yang menjelaskan apa itu IKASMAGER, tujuan dibentuknya dan perkenalan dengan pengurus inti IKASMAGER. Selanjutnya adalah sambutan dari Ketua Panitia Expo Campus, Chrisna Anam Guntara dan  Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Geger, Drs. H. Makmun Fatoni, M.Pd serta ada sambutan singkat dari salah satu dekan Universitas Brawijaya  DR. Heru Nurwarsito, MSi  alumni SMA Negeri 1 Geger tahun 1984 yang memberi semangat dan motivasi bagi adik-adik kelas XII. Selain itu, panitia juga mengundang salah satu alumni SMA Negeri 1 Geger tahun 2014, Fetty Rahayu Sri Mulyani, sebagai salah satu pembicara yang dapat memberikan motivasi, semangat dan berbagi pengalamannya di dunia perkuliahan, seperti yang kita tahu, Fetty Rahayu Sri Mulyani ini adalah salah satu mahasiswa berprestasi yang sudah menjadi pembicara di berbagai event di kampusnya maupun acara-acara lain. Setelah acara pembukaan selesai adik-adik kelas XII dibagi per kelasnya masing-masing untuk memasuki stand kampus per region, satu region diletakkan pada satu kelas. Adik-adik kelas 12 dipandu untuk memasuki setiap kelas region oleh Penanggung Jawab kelas yang ditunjuk oleh panitia. Di setiap region disediakan waktu 15 menit untuk adik-adik kelas XII bertanya mengenai apa saja informasi yang ingin diketahui dari kakak-kakak IKASMAGER.

Adik-adik kelas XII terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara Expo Campus kali ini, terbukti bahwa seluruh kelas XII mengikuti serangkaian acara sampai akhir dengan tenang, tertib dan sesuai aturan yang dikemukakan oleh panitia. Panitia Expo Campus IKASMAGER 2017 mengucapkan terima kasih kepada adik-adik kelas XII yang bersedia ikut meramaikan acara ini dengan antusias dan kepada SMA tercinta kami, SMA Negeri 1 Geger yang memberi waktu kami, Alumni SMA Negeri 1 Geger yang tergabung di IKASMAGER, untuk memberikan informasi dan pengalaman yang kami dapatkan selama masa perkuliahan kepada adik-adik kelas XII agar dapat dijadikan referensi adik-adik dalam memilih perguruan tinggi yang cocok dengan minat, bakat dan kemampuan mereka.

Kepala SMA Negeri 1 Geger Drs. H. Makmun Fatoni,M.Pd ; DR.Heru Nurwarsito, MSi, Waka Sarpras Drs.Sugiono ; Waka Kesiswaan Drs Subiyanto
Sambutan ketua pelaksana Expo Campus With Ikasmager tahun 2017, Chrisna Anam Guntara.
Perkenalan dengan pengurus inti Ikasmager tahun 2017-2018
Fetty Rahayu Sri Mulyani, alumni SMAN 1 Geger tahun 2014 memberikan motivasi dan semangat untuk adik-adik kelas 12 yang akan mengikuti serangkaian ujian dan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2017

Siswa – siswi SMA Negeri 1 Geger

 

LEAVE A REPLY