Tes Uji Coba UNBK Tahap 1 SMAN 1 Geger

Tes Uji Coba UNBK Tahap 1 SMAN 1 Geger

0
SHARE
Tampilan Tes Uji Coba Ujian Nasional Berbasis Komputer SMAN 1 Geger Tahap 1

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

http://unbk.kemdikbud.go.id/
http://unbk.kemdikbud.go.id/

Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 sama dengan tahun sebelumnya terdapat pilihan dua sistem penyelenggaraan yaitu menggunakan PBT (Paper Based Test) dan CBT (Computer Based Test). Ujian Nasional dengan sistem CBT atau kalau dalam bahasa resminya adalah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk tahun ajaran ini penyelenggaraannya diperluas dari tahun sebelumnya. Ini mengindikasikan semakin banyak sekolah yang fasilitas sarana dan prasarananya lengkap. Seperti pada POS Ujian Nasional tahun lalu disebutkan bahwa sekolah yang mengadakan Ujian Nasional dengan sistem UNBK harus menyediakan komputer dengan persyaratan minimal perbandingan antara jumlah komputer dan peserta ujian nasonal 1 : 3. Dengan kebutuhan jumlah komputer yang sedemikian banyak sekolah dituntut untuk melakukan berbagai langkah untuk memenuhi dan melengkapi sarana dan prasarananya sesuai dengan POS Ujian Nasional.

Tak kalah pentingnya persiapan yang perlu dilakukan adalah persiapan materi dan mental dalam menghadapi UNBK. Kemdikbud tahun 2016 ini memfasilitasi simulasi Semi Online Bersama UNBK tahap I dilaksanakan tanggal  21 November 2016,

Jadwal Simulasi UNBK 2016/2017
Jadwal Simulasi UNBK 2016/2017

Selain simulasi UNBK yang difasilitasi kemdikbud, siswa-siswi SMA Negeri 1 Geger juga sudah melaksanakan Tes Uji Coba UNBK Online Tahap 1 yang dilaksanakan pada tanggal 31 Okt – 5 Nov 2016. Cara melakukan simulasi UNBK menggunakan aplikasi Tes Uji Coba (TUC) UNBK ini bisa diakses lewat :

http://belajar.sman1geger.sch.id

Soal tes uji coba atau try out memang tidak bisa ditebak sama atau tidak dengan soal UNBK tahun yang yang lalu. Namun bapak ibu guru penyusun soal, acuan membuat soal adalah SKL dan kisi-kisi ujian nasional. Diharapkan siswa perlu menyadari pentingnya pelaksanaan try out ini sehingga tidak menganggap enteng pelaksanaan try out ini.

Lalu, manfaat apa yang didapat siswa dengan adanya TUC UNBK? 1) Mengasah keterampilan mengerjakan soal-soal ujian 2) Melatih pola pikir siswa untuk menghadapi segala kemungkinan bentuk soal UN 3) Menguji kemampuan dasar siswa untuk menghadapi UN 4) Meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuannya melaksanakan UN 5) Sekaligus meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang akan di-UN-kan dan juga penguasaan serta pembiasaan penggunaan perangkat komputer oleh siswa.

Dengan memetik kelima manfaat tersebut, berharap siswa benar-benar siap menghadapi UN tanpa tekanan mental yang berarti. Siswa SMAN 1 Geger lulus dengan hasil yang memuaskan. Semoga sukses selalu…!! (eLZam)

Pelaksanaan TUC UNBK Tahap 1 di Lab Kom A SMAN 1 Geger
Pelaksanaan TUC UNBK Tahap 1 di Lab Kom A SMAN 1 Geger

LEAVE A REPLY