TAHFIDZ SMA NEGERI 1 GEGER

TAHFIDZ SMA NEGERI 1 GEGER

0
SHARE
Wisudawan Tahfidz Al-Quran Juz 30

Setelah Munaqosah tahfidz juz 30 tepatnya pada tanggal 17 september 2016 yang bertempat di masjid Kauman Uteran. Pada tanggal 6 oktober 2016 dilaksanakan “Wisuda Tahfidz Al-Qur’an Juz 30” bersamaan dengan “ Peringatan Tahun Baru Islam“. Wisuda yang telah dikukuhkan secara langsung oleh Bapak Bupati Kabupaten Madiun yaitu Bapak Muhtarom, S.Sos. bertujuan “Tumbuhkan Generasi Pencinta al-Qur’an”. Acara dimulai sekitar pukul 9 pagi yang bertempat di Pendopo Kabupaten Madiun.

Acara tersebut diikuti oleh 1109 peserta yang terdiri dari SD / SMP / SMA / SMK. Ada kurang lebih 500 peserta dari SD, kurang lebih 400 peserta dari SMP dan kurang lebih 100 peserta dari SMA dan SMK. Dari SMA Negeri 1 Geger sendiri diikuti oleh 14 peserta dan didampingi oleh Bu. Mar’atul Solihah, M.Pd.I selaku pembina dan pembimbing.

Bapak Muhtarom dalam sambutanya menyampaikan bahwa banyak anak SMA/SMK yang tidak mengikuti acara tersebut, karena alasan bawasanya sibuk dengan tugas–tugas sekolah namun Beliau tidak yakin bahwa kegiatan belajar SMA/SMK itu terlalu sibuk. Harapan dari Bapak Muhtarom, S.Sos “Dengan diadakan tahfidz juz 30 ini dapat menjaga sikap dan perilaku anak-anak terutama anak SMA dan SMK yang masih labil”. Selain itu Beliau berharap peserta Tahfidz juz 30 dapat menjaga hafalan dan dapat mengamalkannya, terlebih bila dapat menambah hafalannya. Dan Beliau telah memaparkan salah satu rencana perda yang mengatur tentang “wajib bagi seluruh siswa yang beragama islam dapat membaca dan menulis Al-Qur’an yang dilaksanakan di sekolah melalui ekstrakulikuler”.

Sebelum acara pengukuhan, acara ditutup dengan do’a. Acara pengukuhan dimulai pada pukul 11.30 WIB dan acara berakhir sekitar pukul 12.30 WIB setelah proses pengukuhan berakhir. Peserta bubar setelah prosesi pengukuhan berakhir.

Dengan adanya program Tahfidz Al-Qur’an Juz 30 ini diharapkan pemuda pemudi Indonesia mampu menjadi Generasi muda yang sholih dan sholihah dan mampu menuntun ke jalan surga bagi mereka dan kedua orang tuanya. Dalam hal ini SMA Negeri 1 Geger mengadakan satu program baru yang dilaksanakan oleh ke 14 peserta tahfidz dari SMA Negeri 1 Geger, yaitu mereka dijadwalkan bergantian satu anak tiap hari senin dan jum’at sebelum bel masuk sekolah untuk mengaji satu surah juz 30 yang disiarkan lewat audio sekolah.

Hal ini ditujukan agar selain dari 14 hafidz/hafidhah juz 30, semua siswa SMA Negeri 1 Geger juga mendapat kesempatan untuk menumbuhkan rasa cinta pada Al-Qur’an. Selain itu, program ini dijalankan untuk mendukung SMA Negeri 1 Geger yang saat ini mendapat predikat baru yaitu sebagai sekolah rujukan induk classter K13. (by: Dita Fajarothul I S / Citra Cahyaning P / Putri Novia)

Wisudwan Tahfidz Al-Quran Juz 30
Wisudawan Tahfidz Al-Quran Juz 30

LEAVE A REPLY