Menatap Kedepan E-Learning di SMA Negeri 1 Geger

Menatap Kedepan E-Learning di SMA Negeri 1 Geger

0
SHARE
Sumber : http://framedia-inc.com/why-elearning.html

Istilah e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah “maya”. Definisi e-Learning sangat luas, bahkan sebuah web besar yang menyediakan informasi tentang suatu topik dapat tercakup dalam lingkup e-Learning ini. Namun, istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi Internet. Saat ini, Internet dan Intranet telah menjadi media yang paling digemari. E-Learning dapat diakses melalui laptop, tablet, dan handphone.

Tujuan e-Learning menitikberatkan pada efisiensi proses belajar-mengajar. Meskipun demikian, proses pembelajaran tetap mengacu pada kurikulum. Konsep Knowledge Management, belajar mandiri yang berbasis pada kreativitas peserta didik, akan mendorong peserta didik melakukan analisis hingga sintesis pengetahuan, menghasilkan tulisan, informasi dan pengetahuan sendiri menjadi fokus yang lebih mengarah ke masa depan.

Pembelajaran dengan e-Learning, semua proses belajar mengajar yang dilaksanakan dalam sebuah kelas dapat dilakukan secara “live” walaupun “virtual”, artinya pada saat yang sama seorang guru mengajar dengan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan peserta didik mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda. Walau pun dalam proses ini guru dan peserta didik tidak saling bertatap muka, namun secara tidak langsung mereka bisa saling berinteraksi pada waktu yang sama. Dengan beberapa kali klik, semua proses belajar mengajar dapat diselesaikan dengan cepat, di samping secara psikologis, peserta didik menjadi jauh dari tekanan, baik dari pihak institusi pendidikan maupun guru.

Moodle sebagai salah satu aplikasi Learning Managemen System memiliki fitur yang sangat lengkap serta sangat efektif untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran di sekolah-sekolah dan universitas. Dengan Moodle, memungkinkan guru dapat memberikan materi berupa teks, web, animasi, multimedia, e-book, presentasi, diskusi, ujian, dan belajar online. Bagi peserta didik aplikasi ini memungkinkan untuk masuk ke dalam “ruang kelas digital” untuk mengakses materi-materi pembelajaran maupun ujian online. Moodle juga menyediakan kemudahan untuk mengganti model tampilan website dengan menggunakan template. Beberapa tampilan yang menarik telah disediakan oleh Moodle. Selain itu tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk merancang dan membuat bentuk tampilan sendiri. Beberapa pilihan bahasa juga telah disediakan oleh aplikasi Moodle. Dukungan terhadap bahasa tertentu ini terus berkembang dan dapat di dapatkan dengan cara mengunduhnya dari http://www.moodle.org. Saat ini penggunaan bahasa Indonesia juga telah didukung oleh Moodle. Sehingga website pembelajaran yang kita buat tersebut tampil dalam bahasa Indonesia.

Di SMA Negeri 1 Geger Moodle sudah mulai diperkenalkan tahun 2010 dan tahun pelajaran 2011/2012 mulai mencoba mengaplikasikan Moodle untuk tes masuk PPDB jalur PMDK dengan peserta sekitar 650 peserta. Moodle sampai sekarang masih diandalkan untuk proses pembelajaran, Placement Tes Online, Ulangan Harian Online dan pelaksanaan tes masuk SMA Negeri 1 Geger jalur PMDK. Tahun 2015 kemarin SMA Negeri 1 Geger juga mencatatkan dalam sejarah, membuktikan dengan Moodle bisa digunakan untuk Tes Uji Coba UNBK online serentak se-Kabupaten Madiun (dengan peserta 10 SMA Negeri) semua mapel yang di UN kan baik MIPA maupun IPS.

Pembukaan Workshop LMS di SMAN 1 Geger
Penutupan Workshop LMS di SMAN 1 Geger

Untuk meningkatkan kompetensi bapak ibu guru SMA Negeri 1 Geger, pada tanggal 8-9 Oktober moodle diperkenalkan lagi dalam kegiatan Sekolah Rujukan “Workshop Pemanfaatan Learning Management System”  dengan Narasumber Anim Hadi Susanto, M.Pd dan Lathif Zamroni, M.Pd. Bapak Ibu guru sangat antusias dalam kegiatan workshop selama 2 hari tersebut, terbukti dengan terselesaikannya Pekerjaan Rumah (PR) yaitu untuk mempersiapkan dan membuat soal Ulangan Harian yang akan dilaksanakan bapak ibu guru di minggu-minggu yang akan datang.

Pada sesi penutupan Ibu Dra. Puji Rahayu menyatakan siap melaksanakan Ulangan Harian Online Mapel Ekonomi kelas XI minggu depan, Ibu Yuni Supriyanti, S.Pd siap melaksanakan Ulangan Harian Online Mapel Matematika kelas XI minggu depan, Bpk Mahmud, M.Si siap melaksanakan Ulangan Harian Online Mapel PKWu kelas XII minggu depan juga, Bpk Drs. Joko Purwanto siap juga melaksanakan Ulangan Harian Online Mapel Geografi kelas XII juga minggu depan. “Luar biasa itulah kata yang pantas untuk reward  saya kepada semua bapak ibu guru SMA Negeri 1 Geger, semoga Bapak Ibu guru SMAN 1 Geger akan lebih banyak yang siap dan terbiasa untuk membuat dan melaksanakan Ulangan Online. Sehingga apa yang didapat dari Workshop selama 2 hari bermanfaat dan program E-Learning di SMAN 1 Geger akan lebih bermakna dan bermanfaat untuk semua, Aamiin”, demikian kata penutupan workshop oleh Bapak Drs. Makmun Fatoni, M.Pd. (eLZam)

Suasana Ruang Guru SMAN 1 Geger dalam workshop LMS
Suasana Ruang Guru SMAN 1 Geger dalam workshop LMS
Antusias bapak ibu guru SMAN 1 Geger mengikuti workshop
Antusias bapak ibu guru SMAN 1 Geger mengikuti workshop

LEAVE A REPLY