Joko Prwanto, S.Pd – Geografi

Joko Prwanto, S.Pd – Geografi

0
SHARE

Nama guru Geografi SMA Negeri 1 tersebut adalah Joko Purwanto  yang lahir di Trenggalek putra ke empat dari seorang Polisi Militer dengan tugas terakhir sebagai DANKIPOM 33 Kediri

image001Sebagai pengajar geografi SMAN 1 Geger sesuai SK Tugas adalah sejak 1 Mei 2002, sebelumnya pernah mempunyai pengalaman mengajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan sejak 1 Desember 1990, dan sebelumnya lagi pernah mempunyai pengalaman mengajar di SMA Negeri 1 Pelaihari, yang saat itu merupakan satu-satunya SMA Negeri di Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan sejak 1 Nopember 1985. Kota Pelaihari terletak kurang lebih 65 km sebelah tenggara kota Banjarmasin

image002Pak Guru pengajar geografi tinggal di Uteran Kecamatan Geger Kabupaten Madiun kurang lebih dua setengah kilometer sebelah utara SMAN 1 Geger, sekolah tersebut ditempuh kurang lebih tujuh setengah menit dari rumah dengan naik kendaraan roda dua…….seperti Guru Umar Bakri.

Bapak Guru Geografi memperistri seorang gadis dari Banjarsari Kulon Kecamatan Dagangan Kabupatem Madiun dan dikaruniai seorang putra.
Pak Guru Geografi tersebut alumni dari Universitas Malang yang dulu disebut IKIP Malang sebagai “Ahli Madya Pendidikan”. UM saat itu berada di Jalan Semarang no.5 Kota Malang, lulus dari sana pada tahun 1984. Pada saat itu Kota Malang masih Asri dan Adeeemm… belum banyak polusi seperti sekarang. Memang Malang yang sekarang telah berkembang menjadi kota metropolis baru di Jawa Timur. Kemudian sebagai prasarat pengajar di SMA yang harus sarjana bapak guru memperdalam ilmu geografi untuk sarjana pendidikannya di Fakultas Ilmu Sosial UNY Yogyakarta tahun 1999/2000.

image003Pak guru kelihatannya memang senang terhadap geografi, memang geografi merupakan pengetahuan yang sangat menarik untuk dipelajari karena menyangkut lingkungan kehidupan di planet bumi tempat hidup manusia. Permukaan planet bumi memang sangat dinamis dari waktu ke waktu. Baik buruknya lingkungan tempat tinggal kita tergantung kreatifitas dan kesadaran kita akan kenyamanan kita tinggal pada lingkungan dipermukaan bumi.

Dinamika yang terjadi di permukaan bumi sangat dipengaruhi letak wilayah jauh dekatnya dari daerah batas lempeng atau pertemuan lempeng litosfer, baik konvergen, divergen dan sesar. Keuntungan wilayah kita berada di daerah tersebut adalah kesuburan tanah, keanekaragaman flora dan fauna, kaya akan sumberdaya tambang dan sumber energi termasuk sumber energi terbarukan untuk kehidupan dan kelangsungan generasi mendatang.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.