“FORAKMA SMAGER 2016”

“FORAKMA SMAGER 2016”

0
SHARE
Forakma SMAN 1 GEGER
Forakma SMAN 1 GEGER

FORAKMA (Forum Anak Kab. Madiun)
SMAN 1 GEGER Tergabung Dalam Kepengurusan Forum Anak
Di Kabupaten Madiun 2016/2018.

                Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk generasi penerus bangsa. Dalam hal ini anak-anak mempunyai peran yang penting, karena 20-30 tahun kedepan mereka inilah yang akan menjadi para pemimpin bangsa.  Maka dari itu kesejahteraan anak-anak haruslah diperhatikan. Anak-anak secara umum dapat diartikan sebagai seseorang yang dilahirkan dari perkawinan antar seorang perempuan dengan seorang laki-laki, dimana anak adalah meraka yang berumur kurang dari 18 tahun.

          Sadar bahwa kesejahteraan anak sangatlah penting pemerintah mempunyai inisiatif untuk membentuk forum yang digunakan umtuk membahas kepentingan dan hak-hak anak. Salah satunya yaitu Forum Anak Nasional (FAN). Forum Anak Nasional (FAN) adalah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Forum ini dikembangkan pada setiap jenjang administrasi pemerintahan seperti kelurahan, desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

                  SMAN 1 GEGER juga peduli terhadap kesejahteraan anak. Terbukti dengan adanya beberapa siswa-siswi SMAN 1 GEGER yang tergabung dalam Kepengurusan Forum Anak di Kabupaten Madiun. Mereka adalah Anissa Dharma Dwinanda yang menduduki jabatan sebagai Sekretaris 1, Pedro Marhendra sebagai Koordinator Divisi I : Advokasi,  sosialisasi, dan fasilitasi partisipasi anak, Aabid Nabhaan sebagi anggota Divisi II : Pemantauan pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban anak, Itsna Rahmawati sebagai anggota Divisi III.

Penyampaian pandangan, suara, dan aspirasi anak. Di dalam forum anak terdapat beberapa Divisi yang membidangi berbagai kepentingan anak, seperti beberapa contoh diatas.

          Pada 20 sepetember 2016 para pengurus FORAKMA (Forum Anak  Kab. Madiun) dikukuhkan menjadi pengurus oleh Bupati Madiun, Bpk. H. Muhtarom, S.Sos. di Pendopo Graha Muda depan alun-alun Madiun. Dalam acara ini terdapat juga beberapa rangkaian acara pertunjukan, semua peserta nya mulai dari anak PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, bahkan ada juga dari SLB yang ikut menyumbangkan kemampuannya dalam acara ini. Semua anak bersuka cita dalam acara ini.

FORAKMA mempunyai 30 anggota yang tergabung dari beberapa sekolah di Kabupaten Madiun.Forum anak di Kabupaten Madiun merekrut pengurus baru tiap 2 tahun sekali.  Dengan pengukuhan ini maka resmi sudah pengurus FORAKMA 2016/2018. Dengan ini diharapkan hak-hak anak di kabupaten madiun dapat diwujudkan serta kesejahteraan anak dapat terpenuhi.

LEAVE A REPLY