Hadirnya semangat baru, Erapor siap dipakai di SMAN 1 Geger

Hadirnya semangat baru, Erapor siap dipakai di SMAN 1 Geger

120
SHARE
erapor
Tampilan Erapor SMAN 1 Geger

Aplikasi e-rapor adalah perangkat lunak berbasis web untuk menyusun Laporan capaian kompetensi peserta didik oleh tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan oleh Subdit Kurikulum SMA. Aplikasi e-rapor merupakan aplikasi untuk pengolahan nilai pengetahuan, nilai keterampilan, nilai sikap yang telah dilakukan oleh pendidik sehingga terbentuk nilai akhir beserta deskripsinya secara otomatisasi sesuai dengan perolehan siswa pada setiap kompetensi dasar yang dinilai, setelah wali kelas menginput nilai ekstrakurikuler, absensi siswa, perstasi, deskripsi sikap, serta catatan wali kelas maka e-rapor akan menyusunnya menjadi laporan capaian kompetensi siswa. Data awal e-rapor merupakan data yang diambil (sinkronisasi) dari Dapodik sehingga aplikasi e-rapor SMA harus di install pada komputer yang telah diinstall Dapodik 2016a atau 2016b.

Untuk mewujudkan pendataan yang menyeluruh maka Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyusun sistem pendataan berbasis teknologi informasi yang diberi nama Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 2016 yang didalamnya termasuk data nilai siswa.

“Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Iindonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan mengamanatkan bahwa Penilaian oleh Pendidik melalui tahap perencanaan, penilaian, dan Laporan Hasil Penilaian. Pada Bab IV Pasal 9 ayat 1.f menyatakan bahwa Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dan keterampilan peserta didik disampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi.  Oleh karena itu agar penilaian yang dilakukan oleh pendidik maupun satuan pendidikan dapat terintegrasi dengan Dapodik serta mengacu pada Permendikbud no 23 Tahun 2016, maka Subdit Pembelajaran SMA perlu segera mengupayakan suatu aplikasi penilaian berbasis kurikulum 2013 agar dapat membantu pendidik dalam melaksanakan penilaian otentik dalam pembelajaran serta data penilaian yang diperoleh dapat diintegrasikan dengan Dapodik. Aplikasi yang disusun oleh Subdit Kurikulum Direktorat Pembinaan  SMA tersebut dan diberi nama e-Rapor SMA”,  demikian yang disampaikan Drs. Purwadi Sutanto, M.Si Direktur Pembinaan SMA dalam sambutan pembukaan Workshop Finalisasi Pengembangan Aplikasi e-raport SMA di Hotel Royal Amaroossa Bogor 14-17 September 2016 yang didampingi Kasubdit Pembinaan SMA Dr. Eko Warisdiono dan Kasi Penilaian Pembinaan SMA Drs. Sutrianto, MPd.

Salah satu kegiatan di Kelompok Sistim Paktet
Kegiatan diskusi di Kelompok Sistim Paket

Lathif Zamroni, M.Pd yang juga hadir sebagai salah satu peserta diantara 37 SMA yang menggunakan sistim Paket maupun SKS se Indonesia dalam Workshop Finalisasi Pengembangan Aplikasi e-raport SMA di Hotel Royal Amaroossa Bogor 14-17 September 2016 menyampaikan, e-Rapor SMA disusun dengan tujuan sebagai berikut: Membantu pendidik dalam mengolah nilai pengetahuan; Membantu pendidik dalam mengolah deskripsi pengetahuan; Membantu pendidik dalam mengolah nilai keterampilan; Membantu pendidik dalam mengolah deskripsi keterampilan; Membantu wali kelas dalam mengolah deskripsi sikap spirituam maupun sosial; Membantu Satuan pendidikan dalam menyusun laporan hasil penilaian sesuai dengan panduan penilaian dari Direktorat Pembinaan SMA. dan karakteristik e-Rapor SMA akan dapat berjalan dengan baik jika diinstalkan pada komputer yang telah terinstal Dapodik dan sudah disinkroniasi. Serta seluruh kompetensi dasar yang terdapat pada Permendikbud no 24 tahun 2016 telah tersedia dalam e-rapor sehingga guru tidak perlu lagi menuliskan kompetensi dasar.

“Pengembangan e-rapor mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan no 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan no 24 Tahun 2016 yang memuat kompetensi dasar mata pelajaran serta mengaju pada Panduan penilaian yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMA Tahun 2015” tambah Narasumber Nasional Anim Hadi Susanto, M.Pd

E-rapor terdiri dari 4 (empat) tingkatan pengguna yaitu:

Admin, Tugas dan wewenang admin dapat digambarkan sebagai berikut:
a. Installasi
b. Ambil data data dari Dapodik melalui menu Impor/Ekspor Data
c. Generate data user melalui menu Data User
d. Menambah user untuk wali kelas melalui menu Data User
e. Edit data peminatan jika diperlukan melalui menu Data Referensi
f. Menambah Mata Pelajaran jika diperlukan melalui menu Data Referensi
g. Menambah KKM Mata Pelajaran jika diperlukan melalui menu Data Referensi
h. Menambah Data Kompetensi mata pelajaran muatan lokal melalui menu Data Referensi
i. Menambah Data Ekstrakurikuler melalui menu Data Referensi
j. Edit Data Pembagian tugas mengajar melalui menu Data Referensi
k. Menambah Data Interval predikat untuk seluruh mata pelajaran
l. Melakukan backup database
Guru, Tugas dan wewenang dapat digambarkan sebagai berikut:
a. Merencanakan Penilaian Pengetahuan melalui menu “Input Data dan Nilai“
b. Merencanakan Penilaian Keterampilan melalui menu “Input Data dan Nilai“
c. Input Nilai Pengetahuan melalui menu “Input Data dan Nilai“ setiap kali melakukan penilaian
d. Input Nilai Keterampilan melalui menu “Input Data dan Nilai“ setiap kali melakukan penilaian
e. Pada akhir semester guru Input Nilai Sikap Spiritual melalui menu “Input Data dan Nilai“
f. Input Nilai Sikap Sosial melalui menu “Input Data dan Nilai“
g. Input Deskripsi Siswa melalui menu “Input Data dan Nilai“
h. Kirim nilai akhir melalui sub menu “Lihat Nilai Yang Akan Dikirm: melalui menu “Kirim Nilai Akhir”
Wali Kelas, Tugas dan wewenang dapat digambarkan sebagai berikut
a. Input Kehadiran Siswa melalui menu “Input Data dan Nilai“
b. Input Nilai Ekstrakurikuler melalui menu “Input Data dan Nilai“
c. Input Deskripsi Sikap melalui menu “Input Data dan Nilai“
d. Input Prestasi melalui menu “Input Data dan Nilai“
e. Input catatan wali kelas melalui menu “Input Data dan Nilai“
f. Mencetak rapor melalui menu Cetak Rapor
Siswa, Wewenang dapat digambarkan sebagai berikut:
a. Melihat Nilai Akhir Semester melalui menu “Lihat Nilai Akhir“
b. Melihat Olah Nilai melalui menu “Lihat Nilai Akhir“
c. Melihat Grafik nilai akhir melalui menu “Lihat Nilai Akhir

Dalam sambutan Penutupan Workshop Pengembangan Aplikasi E-rapor Untuk Admin Sekolah di SMA Negeri 1 Geger 20-22 September 2016 Drs. Makmun Fatoni, M.Pd menyampaikan: “tujuan disusun aplikasi e-rapor adalah untuk membantu pendidik dan satuan pendidikan untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik agar dalam pengolahan nilai sesuai dengan Permendikbud nomor 23 Tahun 2016, selain itu e-rapor disusun agar nilai akhir yang diperoleh peserta didik dapat diruntut asal musalnya sehingga nilai akhir yang dilaporkan benar benar dapat dipertanggungjawabkan. Dan e-rapor yang disusun agar data yang terdapat pada pengolahan penilaian di satuan pendidikan sama dengan data yang telah dikirim ke Dapodik sehingga satuan pendidikan tidak berlu bekerja dua kali untuk Input Data dan Nilai akhir yang diperoleh dapat langsung disinkronkan dengan data nilai di Dapodik. Kenyataan yang ada sekarang banyak aplikasi termasuk yang ada di SMAN  1 Geger selama ini tidak dapat disinkronkan dengan Dapodik sehingga satuan pendidikan harus input ulang data nilainya ke Dapodik. Dan SMA Negeri 1 Geger sangat bangga akan hadirnya e-rapor di sekolah tercinta ini, e-rapor akan menambah kekuatan, nilai plus dan keunggulan SMA Negeri 1 Geger di Kabupaten Madiun maupun di tingkat Nasional selain Sekolah Adiwiyata Mandiri maupun sekolah Rujukan Kurikulum 2013 berbasis IT dan Lingkungan. Selamat workshop yang diikuti khusus admin sekolah (Siti Nurul Hidayah, Mas Ayu Husnul KHE, Anim Hadi Susanto, Lathif Zamroni, Rohmad Ferdiana dan Kukuh Kurniawan) ini berjalan lancar dan sukses dan kedepan akan kita lanjutkan dengan workshop erapor khusus untuk tenaga pengajar. Sekali lagi selamat telah hadirnya satu semangat baru di SMA tercinta ini dengan suksesnya E-rapor di bangun di server sekolah tercinta selama 3 hari dengan waktu yang tak terbatas dan akan kita aplikasikan pada rapot semester gasal 2016/2017 Desember mendatang, luar biasa dan terimakasih buat tim erapor semoga memberi manfaat bagi kita semua, Aamiin.

Berikut link untuk download master dan panduan erapor:
32 bit : http://psma.kemdikbud.go.id
64 bit : http://psma.kemdikbud.go.id
http://belajar.sman1geger.sch.id/erapor
gg.gg/erapor
user & pass: erapor

Foto bersama tim Pengembang Erapor
Bersama tim Pengembang Erapor

120 COMMENTS

  1. Tanya min,, di laptop saya sudah terinstal dapodik dan pgAdmin III, apa nanti pas instal erapor ini juga perlu menyertakan instalasi PostgreSQL nya,atau di lewati aja. makasih min

  2. Saya sudah install Erapornya tapi pas mau login awal, saya ikuti panduannya usernam/password diketik admin, ketika login keluar “Query Periksa Password Admin Salah :”

    solusinya gimana???
    terimakasih!!!

  3. Mau tanya, uda 3 pc saya instal keluar Error : there has been an error, unable to write inside TEMP environment variable path

    Bagaimana solusiny?

  4. Satu lagi, kenapa erapor tidak bisa sinkron dengan dapodik? sudah berkali-kali sinkron tetapi datanya tidak masuk ke erapor…

  5. admin yang terhormat
    kami mau bertanya soal menghubungkan komputer klien ke server…
    apakah pada klien ada pengaturan khusus agar terhubung pada server yang ada dapodiknya?
    dari SMAN 1 Sungailiat

    • Yang Pertama Untuk Bisa Terhubung Dengan Server Dapodik, IP Server Harus Static dan yang client cukup DHCP saja.
      Contoh : Router Menggunanakan IP class C : 192.168.1.2-255. Server Di Berikan IP 192.168.1.100 Static, Client DHCP.
      Dapodik Mempunyai Port : 5774
      Jadi Client Memanggil Server Dapodik dengan IP : 192.168.1.100:5774
      Semoga Bermanfaat.

  6. admin yg terhormat,
    ada beberapa pertanyaan :
    1. sy sudah install e-rapor, tapi pada tahapan pemilihan locasi database cluster baru sy gunakan default locale, bukan indonesia,indonesia. ada pengaruh tidak ?.
    2. wali kelas pada tahapan input ekstrakurikuler setelah menambah siswa beserta nilai dan diskripsinya kok ngak tampil pada tabel, mohon pencerahannya.
    3. e-raport diberlakukan untuk semua tingkat, (kami menggunakan K13 semua tingkat), cuma ada perbedaan bagi kelas 11, 12 untuk kd, mohon pencerahannya.
    Terima kasih…….

      • 1.Saya saat login memilih penilaian paket apakah sama dengan kur13?
        2.Saya sudah coba memasukkan nilai tetapi saat cetak raport nilai pengetahuan dan keterampilan tidak tampil?
        mohon solusinya?

      • 1. Mengapa saat cetak raport nilai pengetahuan dan keterampilan tidak tampil
        2. Apakah sama kur 13 dengan paket, dan mengapa yang tampil di raport di awal nilai sikap? mohon solusinya

  7. mohon bantuannya admin,
    1.kita sudah mencoba untuk memakai e-rapor, nilai yang sudah disi oleh guru mapel untuk pengiriman nilai tidak masuk pada walas, itu solusinya bagaimana?
    2.Lihat Nilai Akhir yang telah dikirim Tidak Muncul?
    3.kemudian untuk nilai sikap spritual dan sosial tidak bisa diisi, tidak ada pilihan yang muncul pada menu pilih KD SIKAP SPRITUAL dan KD SIKAP SOSIAL?

  8. Maaf pak Admin, saya sudah berhasil cuma yang jadi kendala saat proses cetak raport, tanggal dan nama kepala sekolah terlalu pinggir sehingga tumpang tindih, dan untuk setting margin kemana ya?

  9. Pak admin terhormat, setelah loncing Patch erapor SMA 2016 tanggal 24 Oktober 2016 bayak perubahan dari sebelumnya, satu yang terkendala yaitu pada saat kirim nilai oleh guru ke wali kelas selalu datanya tidak mau masuk dan di cek pada data terkirim juga data belum ada ….

      • Tetap gak bisa pak, terpaksa menggunakan patch lama. saya coba pada guru biologi dan belum sy coba pada guru agama dan PKN. sepertinya pada kirim data diwajibkan ada nilai spritual dari guru agama dan nilai sosial dari guru PKN yang telah terjadi perubahan pada pact tanggal 24 kemarin, dan nilai kedua mapel agama dn pkn telah di non akatifkan pada guru mapel lain.

  10. assalamualaikum.. masalah ana pada saat klik sincron di e raportnya , hanya 1 yang berwarna hijau lainnya masih merah .. itu bagaimana solulinya ya pak admin? terimakasih

  11. pak admin mo tanya : kok saat mengistal erapor terjadi kendala muncul komentar
    – THERE HAS BEEN AN ERROR UNABLE TO WRITE INSIDE TEMP ENVIRONMENT VARIABLE PATH
    SQL_STATE:08001 TCP/IP CONECTION ON PORT 5432

  12. Mohon bantuan:
    data rombel tidak masuk keseluruhan di tahun ajaran 2016/2017 ganjil, kelas xii mipa dan bahasa. dari 33 rombel yang masuk cuman 22, begitu pula di tahun ajaran 2015/2016, ganjil masuk 26, genap masuk 24. dan satu lagi nama kepala sekolah masih kepala sekolah 2 periode sebelumnya. jadi 2 periode sebelum kepsek sekarang.!!

    Terima kasih

  13. pak Admin :
    1. bisa minta Panduan Penggunaan erapor sma yang tidak ada watermaksnya dikopi tulisannya jadi berantakan
    2. Saya juga mengalami hal berikut “menu perencanaan sikap spiritual dan sikap sosial ” tidak berjalan seperti “menu perencanaan pengetahuan dan keterampilan” sehingga tidak bisa mengisi nilai sikap spiritual dan sosial

  14. Assalamualaikum,
    Pak Anim Hadi Susanto yang terhormat.

    saya sudah sukses installasi e-rapor di server dan sudah saya coba di beberapa client juga lancar beberapa guru juga sdh saya ujicobakan untuk entri nilai dan berhasil, nah kelanjutannya adalah saya ingin file dan database erapor di komputer server kami ingin kami upload di server hosting, agar erapor benar2 real online. setelah erapor coba saya upload saya terkendala dg ini /inc.connection.php(1) : eval()’d code(1) : eval()’d code(1) : eval()’d code on line 4
    Warning: pg_query(): No PostgreSQL link opened yet
    disebabkan karena blm terkoneksi dg database.
    setelah saya buka file inc.connection.php ternyata di enkripsi.
    mohon solusinya dan jika bpk punya langkah2 installasi di server hosting atau minimal step by step install dg Xampp mohon panduannya.
    terima kasih.

  15. Pak Admin pacth berikutnya kapan dirilis, soalnya mengingat waktu akhir semester 1 sangat dekat pacth terakhir 24 Okt 2016 guru mapel selain agama dan PKN tidak bisa kirim nilai.

  16. Pak admin
    Saya mau nanya,,,ketika saya login guru,,trus mau buat perencanaan,,,kok pilihan kelasnya ga muncul,,,

    Trus erapor ini bisa di buat server dan clain,,,

  17. Assalamualaikum ….
    Pak admin masalah saya pada saat sincron di erapor unt data sekolah, data rombel dan data pembelajaran masih merah. dapodik sudah terupdate 2016 b. rombel sudah gu ganti MIPA dan IPS. saya isi secara manual menggunakan data referensi menggunakan menu edit dan tambah tetep tidak berhasil. Mohon pencerahannya…..terima kasih

  18. Salam,
    Kami sedang mempelajari e-rapor sebelum sosialisasi ke guru-guru. ketika admin mau mengirim nilai ke dapodik muncul error : “Gagal queryERROR: permission denied for relation matev_rapor”. kira-kira solusinya bagaimana?

  19. admin, mohon pencerahannya, saya sudah instal erapor, tapi ketika mau login admin selalu muncul “Query Periksa Password Admin Salah : ” padahal user dan pass yg saya gunakan adalah admin dan admin; info nya, ketika instasi erapor, antivirus saya mendeteksi banyak virus yg terselip didalam folder instalsi erapor nya yg nempel di script php nya, dan kemungkinan action oleh antivir saya adalah ‘delete’. apakah itu mempengaruhi, lantas kalau seadainya saya harus mengulang instal dari awal dengan mendisable antivirus saya, padahal menurut dia(si antivirus) file tersebut membawa virus, aman kah untuk laptop saya ??
    hehe…mohon dijawab.

  20. mohon solusi,,,, kenapa erapor saya belum sincron semua ama dapodik,,, data rombel sama pembelajarannya nggak masuk k erapor, padahal sudah sincron berulang kali.

      • Asslm…
        Pak Admin, dapodik sudah instal v2016b (bukan patch), pembelajaran / rombel sdh MIPA, IPS, tapi sinkron masih merah pada Rombel dan pembelajaran.
        Mohon solusinya…trims

      • Selamat sore pak admin…
        Mengapa sebagian siswa kami khususnya urutan no 11 s.d 19 di stiap kelas, deskripsinya tidak terlihat waktu mencetak rapor? Mohon solusinya pak admin… Terima kasih.

      • Selamat sore pak admin…

        Mengapa sebagian siswa kami khususnya urutan no 11 s.d 19 di stiap kelas, deskripsinya tidak terlihat waktu mencetak rapor? Mohon solusinya pak admin… Terima kasih.

    • aslm. pak admin…saya udah mengikuti prosedur instalasi erapor….dan sudah berhasil….tapi laptop saya instal…kemudian erapor diinstal kembali…berhasil…tetapi sewaktu login sebagai admin dengan user admin dan pass admin selalu gagal….gimana pak
      trus bisa nggak pak app erapor dinstal di server versi linux….karena sekolah saya menmakai server versi linux…mohon informasinya ya pak

  21. wali kelas tidak bisa menyimpan input deskripsi sikap, muncul pesan warning, query failed:error, nilai terlalu panjang untuk tipe charakter(5) in c:\exampp dst, mohon solusi Pak Admin

  22. Pak admin, kenapa ada beberapa guru dan wali kelas tidak bisa masuk ke data eraport, sudah singkron dan sudah tambah data wali juga tidak muncul… mohon solusinya???

  23. Mohon pencerahannya, bagaimana membuat ip public e rapor, apakah komputer server harus selalu aktif jika sudah di ip public? Trimakasih sblumnya.

  24. Pak admin permasalahan e rapor kami :
    1. nilai keterampilan tidak ada
    2.logo sekolah kok sma sewon
    3. nama kepsek masih nama yang lama, padahal didapodik udah nama kepsek baru..
    mohon solusinya…

  25. Ass. pak. Saya update ke Dapodik 2006c dimana guru2 Lintas minat harus dikeluarkan dari kelas reguler dan dibuatkan Rombel Teori dan mereka jadi wali kelas Teori, Nah masalahanya terjadi ketika di eRapor nama2 guru tsb tidak pada muncul sebagai pengampu mapel di kelas reguler yg mereka ajar. Gimana solusinya? (saya pakai eRapor erapor-SMA-2016-Ver-1.0.7-64-bit.)

  26. Dear all,

    Kami sudah menemukan IP Public kami, bagaimana cara detail setting erapor untuk internet, mungkin dalam contoh?

    Terima kasih.

  27. saya bambang dari sulsel mau bertanya..apakah nilai yg sdah dikirim dr guru ke wali kelas akan terbaca di laptop wali kelas?..misalkan laptop guru A.trus laptop wali kelas B.apakah data yg terkirim bila dibuka di laptop B ( wali kelas ) akan terbaca?

  28. Pak.. saya coba impor data nilai dengan format excel xls dan berhasil.. tetapi ketika saya buka input nilai kenapa masih kosong ya pak? Padahal format penilaian sudah sesuai dengan yang telah format yang telah di export.. Adakah tutorial untuk import data untuk e rapor ini? Karena sepertinya tidak bisa link dengan data perencanaan yang telah saya buat pak.. terimakasih

  29. Nilai keterampilan beberapa mapel, sudah disave dan tersimpan. tetapi tidak muncul pada nilai akhir. mohon solusi. terimakasih.
    versi 1.0.7

  30. maaf pak admin. mau minta solusinya untuk erapor. gimana input nilai untuk agama non islam karena di dapodik tidak ada nama guru dan mata pelajarannya. mohon pencerahan. terima kasih.

  31. pak saya sudah input kehadiran siswa dan kegiatan ekstra, tapi ketika buka lagi data yang sdh di input hilang lagi…apakah krn dapodikmennya sering di sinkron atau bgimana pak?.. mohon solusinya…trims

  32. Assalam

    Mohon pencerahannya nnih pak, kalau e-raport di install di hosting cara syncron dengan data dapodik gimana ya pak? mohon penjelasannya

LEAVE A REPLY