SEPUTAR HARI RAYA IDUL ADHA 1437 H DI SMAN 1 GEGER MADIUN

SEPUTAR HARI RAYA IDUL ADHA 1437 H DI SMAN 1 GEGER MADIUN

0
SHARE
takbir di pn gerbang

Alhamdulilah, setelah menjalankan ibadah puasa sunah Tarwiyah dan Arafah pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijah, kita akan menyambut datangnya hari dimana hari itu memiliki nilai historis yang tinggi bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Ya, inilah Hari Raya Idul Adha atau sering disebut Hari Raya Kurban. Malam tanggal 10 Dzulhijah, suara takbir dan tahmid berkumandang indah dari berbagai pelosok nusantara hingga belahan dunia sebagai pernyataan dan pengakuan terhadap keagungan Allah Yang Maha Kuasa. Tidak ketinggalan, di SMAN 1 Geger yang berada di Jl. Raya Uteran juga terdengar suara takbir yang mengalun indah. Dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1437 H, SMAN 1 Geger telah mengagendakan beberapa kegiatan diantaranya takbir keliling, pelaksanaan sholat Ied, dan penyembelihan  hewan kurban.

Kegiatan takbir keliling dilaksanakan pada malam tanggal 10 Dzulhijah. Kegiatan itu dilaksanakan setelah sholat Maghrib dengan peserta takbir yaitu siswa kelas X, XI, XII  putra dan didampingi oleh bapak dan ibu guru Pembina serta bapak polisi dari polsek Geger. Takbir keliling dilakukakn dengan jalan kaki dan setiap siswa membawa penerang yang sering disebut “Oncor” (red. obor). Dengan kegiatan takbir keliling diharapkan para siswa lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta selain itu agar lebih mempererat persaudaraan sesama muslim.

Keesokan harinya, tepat pukul 05.30 WIBfile-sholat-idul-adha-2016-jpg-resizesemua keluarga besar SMAN 1 Geger yaitu siswa, guru, staf dan karyawan berbondong-bondong memenuhi halaman sekolah untuk melaksanakan sholat sunah dua rakaat, yaitu sholat Id. Suasana yang dirasakan pada hari raya Idul Adha tentu sangat berbeda dengan perayaan hari raya Idul Fitri. Perbedaannya adalah karena Idul Adha memiliki nilai historis yang begitu mendalam yang mengingatkan kepada kita bagaimana proses perjuangan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS. Dimana Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih putranya sendiri, yang bernama Ismail As. Di sinilah nabi Ibrahim dituntut untuk memilih antara melaksanakan perintah Tuhan atau mempertahankan buah hati yang dicintainya, sebuah pilihan yang begitu dilematis. Namun, karena ketaqwaan dan kecintaannya kepada Sang Pencipta melebihi segalanya, maka perintah tersebut beliau laksanakan. Dan ternyata, Allah mengganti nabi Ismail As dengan seekor domba. Dari peristiwa ini, kemudian dijadikan sebagai hari raya umat Islam selain hari raya idul fitri.

penyembelihan-kurban

pembagian kurban
pembagian kurban

Setelah pelaksanaan sholat Ied selesai, kegiatan selanjutnya adalah penyembelihan hewan kurban. Hewan kurban yang disediakan sekolah adalah dua ekor sapi. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan oleh panitia dan dibantu oleh siswa. Dan akhirnya, dagingpun siap untuk di bagi-bagikan. Daging kurban di bagikan kepada yayasan, pondok, dan  lingkungan sekitar SMAN 1 Geger. Demikianlah rangkaian kegiatan peringatan hari raya Idul Adha yang dilaksanakan di SMAN 1 Geger. Kegiatan ini tidak akan mungkin terlaksana tanpa dukungan semua anggota keluarga besar SMAN 1 Geger. Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut setiap tahunnya Aamiin  Ya Robbal ‘alamiin

LEAVE A REPLY