MUASAL MAKANAN FAVORIT KITA, TEMPE

MUASAL MAKANAN FAVORIT KITA, TEMPE

0
SHARE
TEMPE

MUASAL MAKANAN FAVORIT KITA, TEMPE

Oleh Wildan Malaibar (XII.1)

            Tempe, merupakan makanan khas Indonesia yang telah mendunia dan dikenal di Indonesia makanan yang murah dan enak. Tempe merupakan makanan yang memiliki protein tinggi dan digemari seluruh kalangan masyarakat di Indonesia. Tempe sering disajikan sebagai lauk pauk pengiring nasi, tempe terbuat dari kedelai yang difermentasi dengan ragi selama beberapa hari dengan dibungkus plastik maupun daun pisang selama beberapa hari, tempe berbeda dari makanan lain yang biasanya dikenalkan bangsa China, Jepang dan Belanda, tempe ini makanan khas yang dikenalkan dari Indonesia.

Pada awal pembuatanya tempe pertama kali dibuat dari bahan baku kedelai hitam. Tempe pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Jawa Kuno tepatnya di daerah Mataram atau Jawa Tengah sebelum abad ke-6, ini dibuktikan pada Serat Centhini yang baru ditemukan pada abad 19,  yang menyebutkan ada sebuah makanan putih dari tepung sagu yang disebut “tumpi” atau yang sekarang dikenal dengan nama “tempe” , namun tempe baru dikenal masyarakat Indonesia secara menyeluruh saat terjadi tanam paksa yang dilakukan oleh Belanda selama masa penjajahan.

Tempe menjadi makanan utama para pekerja tanam paksa selain ubi, jagung dan sagu. Tempe menjadi penyelamat para pekerja tanam paksa dari penyakit busung lapar dan kurang gizi, karena tempe merupakan makanan yang mengadung karbohidrat, protein serta vitamin. Tempe sempat menjadi momok dari permasalahan tentara Belanda karena mereka berfikir bagaimana cara para pekerja bisa sehat sementara mereka dipaksa bekerja secara keras. Ternyata setelah diteliti para sejarawan,  mereka menemukan bahwa makanan orang dulu adalah tempe yang menjaga kesehatan mereka. Itulah mengapa sampai sekarang turun temurun tempe menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia sampai sekarang.

Zaman dahulu tempe merupakan makanan yang termasuk makanan kelas bawah, karena dibuat dari tanaman palawija sehingga dihargai sangat murah. Pemerintahan VOC menyebut makanan buangan, sehingga hanya para pekerja yang mau makan tempe. Oleh VOC,  kedelai sebagai bahan utama tempe bukanlah salah satu komoditi ekspor ke Eropa yang laku di pasaran. Melimpahnya kedelai dimanfaatkan untuk membuat tempe menjadi makanan penunjang para pekerja,  sehingga VOC tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk memberi makanan para pekerja.

Tempe sempat disebutkan berasal dari Asia timur (China, Jepang), namun sesungguhnya tempe dibuat oleh orang Indonesia, bangsa Asia Timur melakukan perdagangan ke Indonesia membawa makanan yang bernama Tofu atau sekarang disebut Tahu, karena memiliki kesamaan antara tahu dan tempe yang sama sama terbuat dari kedelai. Yang menguatkan argumen masyarakat bahwa tempe dibawa orang timur adalah ketika tahu dibuat dari ampas sisa penyaringan kedelai yang dikira bahwa kedelai yang disaring tersebut dibuat untuk membuat tempe dan ampasnya untuk membuat tahu. Bangsa Jepang mengenal tempe ketika melakukan penjajahan di Indonesia, berbeda dengan bangsa Belanda, bangsa Jepang justru turut menyukai tempe karena memiliki cita rasa gurih seperti kesukaan masyarakat Asia. Penjajah Jepang menjadikan tempe makanan mereka. Pada masa kini tempe sangat disukai bangsa Eropa dan Amerika dengan harga yang tinggi,  karena menjadi makanan langka yang terbuat dari kedelai yang notabene di Eropa dan Amerika tanahnya tidak bisa ditanami kedelai.

Tempe telah menjadi makanan orang Indonesia selama berabad-abad yang lalu yang dikenalkan bangsa Indonesia sendiri, bukan dari Negara-negara dari timur dan menjadi salah satu makanan khas dari Indonesia yang mendunia. Tempe disukai sampai sekarang, karena turun temurun dan juga telah diteliti mengandung banyak protein dan karbohidrat,  sehingga tidak hanya orang Indonesia yang menyukainya namun juga orang Eropa dan Amerika, yang menjadikan nama Indonesia lebih dikenal Dunia

 

LEAVE A REPLY