MGMP BAHASA INDONESIA KABUPATEN MADIUN, DI SMA N 1 GEGER

MGMP BAHASA INDONESIA KABUPATEN MADIUN, DI SMA N 1 GEGER

0
SHARE
MGMP Bhs Indonesia di SMAN 1 Geger

PERTEMUAN RUTIN MGMP BAHASA INDONESIA
KABUPATEN MADIUN, DI SMA N 1 GEGER

Pertemuan Rutin MGMP Bahasa Indonesia, kabupaten Madiun kemarin baru saja digelar, tepatnya tgl 23 Agustus 2016. Dengan tema semangat K13, acara berlangsung lancar. Dibuka dengan sambutan kepala sekolah, Drs. Makmun Fatoni, M.Pd, beliau memperkenalkan SMA N 1 Geger sebagai Sekolah Rujukan.

Sekolah Rujukan merupakan sekolah bermodel lembaga pendidikan yang unggul dalam prestasi akademik dan berkarakter kuat. Sekolah ini jadi percontohan bagi sekolah-sekolah lain yang ingin maju. Syarat sekolah ditunjuk sebagai sekolah rujukan diantaranya telah melaksanakan K13, berakreditasi A, rata-rata nilai ujian nasional siswa di atas rata-rata nasional, telah melaksanakan ujian nasonal berbasis computer (UNBK), nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) di atas rata-rata.

Salah satu program yang gres di sekolah ini adalah literasi. Seperti yang diungkapkan Bapak Fathoni, litersi di SMA N 1 Geger telah dilaksanakan hampir satu bulan. Pelaksanaan di awal pagi, setelah berdoa dan bernyanyi Indonesia Raya, membuat semangat para siswa membara. Banyak yang memanfaatkan waktu ini sebagai sarana rekreasi. Membaca yang bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang membosankan dan kadang melelahkan, tetapi bagi para siswa di SMA ini menjadi sarana rekreasi karena mereka mendapatkan hiburan sekaligus pengetahuan dalam membaca. “Meski tidak dapat dipungkiri pula bagi sebagian kecil bagi siswa masih harus diperingatkan apabila pengajar pada jam pertama terlambat datang, maklum anak-anak”, demikian penjelasan kepala sekolah pada peserta yang bertanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga depaparkan pelaksanaan K-13 yang dijabarkan oleh Bapak Instruktur kita, Anim Hadi Susanto, M.Pd. Analisis SKL, KI, dan KD menjadi bahan pembicaraan yang hangat. Demikian juga pembahasan pembuatan silabus yang mengikuti aturan terbaru Permen Dikbud  24 tahun 2016.

Sekitar pukul 13.00 WIB, acara selesai. Mudah-mudahan pertemuan yang tidak terlalu lama ini membawa banyak manfaat yang berguna untuk bapak dan ibu pengampu pelajaran Bahasa Indonesia, Aamiin. Dan dapat ditularkan pada rekan-rekan guru di sekolah asal peserta MGMP. (agustin)

Bpk Ibu guru peserta MGMP BIND di SMAN 1 Geger
Bpk Ibu guru peserta MGMP BIND di SMAN 1 Geger

LEAVE A REPLY