SOSIALISASI KPU GOES TO SCHOOL

SOSIALISASI KPU GOES TO SCHOOL

0
SHARE

Sosialisasi kegiatan KPU dengan kegiatan lembaga pendidikan sebagai upaya untuk membangun karakter pemilih pemula dalam mewujudkan demokrasi yang lebih baik. Generasi muda  memang perlu penyuluhan soal pendidikan politik agar mereka dapat menentukan pilihan secara tepat. Apa yang dilakukan KPU melalui cara “ KPU Gooes to School “ sesuatu yang positif dan penting untuk mensosialisasikan pendidikan politik bagi para siswa. Sosialisasi Goes to School  di SMA Negeri 1 Geger  dihadiri Bapak Wahydi, M.Pd ( Ketua KPU Kabupaten Madiun ) , Ibu Retno Meylia Muslim,SE (Kasubag teknis dan hubmas ), Yasin Suhada ( Staff )

KPU Kabupaten Madiun melakukan terobosan baru dengan membidik Pemilih Pemula, terobosan baru itu berupa kegiatan “ KPU Goes to School “ . Kegiatan ini membangun kesadaran dalam proses Pemilu yaitu kesadaran untuk menjadi pemilih yang cerdas serta meningkatkan partisipasi masyarakat saat pemilu terutama kepada pelajar SMA sederajat, agar mereka mengetahui secara dini bagaimana proses pemilu.

Pada Upacara Bendera hari Senin, tanggal 1 Agustus 2016 SMAN 1 Geger bekerja sama dengan KPU mengadakan sosialisai Pemilu dengan Pembina Upacara Bapak Wahyudi, M.Pd dari KPU Kabupaten Madiun. Bapak menjelaskan tentang asas LUBER ( langsung, umum, bebas , rahasia ) serta JURDIL ( jujur dan adil ) merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam penyelenggaraan pemilihan baik itu dalam pemilihan umum ( pileg, pilpres, pilkada ) maupun dalam lingkup sekolah. Dalam pemaparannya bapak Wahyudi, M.Pd juga menjelaskan soal pentingnya keikutsertaan serta partisipasi politik masyarakat dalam pemilu, karena pelajar khususnya harus bisa menjadikan contoh mensukseskan jalannya pemilihan umum dengan cara memilih dan menggunakan hak suaranya dalam pemilu. Tidak memilih atau golput ciri masyarakat yang tidak peduli dengan negerinya, beliau juga menyampaikan untuk  menanamkan sikapmenolak money politik kepada masyarakat yang dimulai dari pemilih pemula seperti para siswa yang telah mempunyai hak pilih.

Siswa SMAN 1 geger merasa senang dan antusias dengan adanya sosialisasi KPU di sekolah . Karena baru pertama akan menggunakan hak pilihnya, para siswa juga sepakat untuk menolak praktik politik uang dalam setiap pemilu. Siswa SMA Negeri 1 Geger juga dipersilahkan mengunjungi kantor  KPU di Kabupaten Madiun untuk belajar bersama tentang Demokrasi dan mempersiapkan  diri sebagai pengguna hak suara pada pemilu Pilkada Kabupaten Madiun Tahun 2018 mendatang.

KPU1

Pembina Upacara Bendera hari Senin tanggal 1 Agustus 2016 Bapak Wahyudi, M.Pd dari KPU Kabupaten Madiun.

KPU2KPU3

Siswa SMA Negeri 1 Geger  antusias mengikuti ‘ Sosialisasi Goes to School “ dari KPU Kabupaten Madiun

KPU4

Bapak ibu guru beserta staf karyawan SMAN 1 geger  dan Ibu Retno Meylia Muslim,SE (Kasubag teknis dan hubmas ), Yasin Suhada ( Staff ) dari KPU Kabupaten Madiun.

LEAVE A REPLY