PROGRAM BUMN MENGAJAR sebagai upaya kerja sama dengan DUDI

PROGRAM BUMN MENGAJAR sebagai upaya kerja sama dengan DUDI

0
SHARE

Hari Kamis,tanggal 4 Agustus 2016 yang lalu ,di  SMA Negeri 1 Geger mendapat kehormatan sebagai salah satu sekolah yang dipilih oleh Kementrian BUMN dalam menyelenggarakan  Program “BUMN Mengajar” yang di Jawa Timur diembankan pada  PT Telkom .Pada hari itu acara tersebut di selenggarakan serentak di seluruh Jawa Timur . Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun Bapak DR.H.Suhardi MM., GM WITEL Madiun Bapak Putro Dewanto,ST  , Kepala  SMA Negeri 1 Geger Bapak Drs.H. Makmun Fatoni,M.Pd , dan Mgr.CCAN & WAN PT.Telkom Madiun sebagai penyaji materi  Bapak Haris Setyawan, ST

Tujuan Program “BUMN Mengajar” adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan. Pelaksanaan kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia, juga menjadi bagian dalam “membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders)” mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta “Membangun Kapasitas Nasional (National Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa” serta memberikan kontribusi nyata pada masyarakat.

Adapun pengertian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah Badan Usaha yang permodalannya baik itu sebagian maupun seluruhnya dimiliki oleh pemerintah. BUMN (Badan Usaha Milik Negara) memiliki peran yang sangat penting dalam mengasilkan berbagai macam barang dan jasa untuk mewujudkan cita cita bangsa Indonesia, yaitu kesejahteraan untuk rakyat. BUMN mencakup berbagai sektor, seperti halnya sektor keuangan, sektor industri, sektor pertanian, sektor perkebunan, sektor kehutanan, sektor transportasi dan lain sebagainya. Diatur dalm UU RI No. 19 Tahun 2003. Dulunya BUMN merupakan perusahaan milik Belanda yang kemudian setelah Indonesia merdeka seluruh sahamya di beli oleh Negara.

Mengenai fungsi BUMN dipaparkan sebagai berikut : menyediakan berbagai barang dan jasa, sebagai alat pemerintah untuk menata kebijakan perekonomian Indonesia, membuka lapangan pekerjaan baru, sebagai penghasil devisa negara, membantu pengembangan usaha kecil koperasi, pendorong aktivitas masyarakat di berbagai lapangan usaha, mengelolah cabang-cabang produksi SDA (Sumber Daya Alam) untuk masyarakat, pelopor terhadap pembangunan sektor-sektor usaha yang belum diminati oleh pihak swasta.

Dalam UU RI No. 19 Tahun 2003 Mengenai BUMN, BUMN terbagi atas dua jenis yaitu Badan Usaha Persero (perseorangan) dan Badan Usaha Perum (umum). Untuk lebih jelasnya mengenai kedua jenis BUMN ini sebagai berikut. Pengertian Persero adalah suatu badan usaha yang memiliki bentuk perseroan terbatas, di mana modal sahamnya paling sedikit 51 persen dimiliki oleh Daerah atau Negara. Contoh persero : PT Garuda Indonesia, PT Kimia Farma, PT Kereta Api Indonesia, PT Jamsostek dan lain sebagainya, sedangkan Pengertian Perum adalah suatu badan usaha yang dikuasai oleh negara sepenuhnya. menyediakan barang dan jasa yang berkualitas dengan harga relatif terjangkau. Perum dipimpin oleh direksi atau direktur dan pekerja perum berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Perum dapat melakukan penyertaan modal dalam badan usaha lain dengan persetujuan dari menteri BUMN. Contoh perum : Perum pegadaian, Perum Damri, Perum Percetakan Uang, Perum Bulog dan lain sebagainya.

Bapak Haris Setiawan,Stsebagai bagian dari PT.Telkom  menyampaikan bahwa:

  • TELKOM adalah perusahaan penyedia layanan dan jaringan telekomunikasi terbesar      di Indonesia
  • Kami sangat bangga melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan yang terdiri dari            seluler (Telkomsel) lebih dari 125 juta dan pelanggan tetap 25,8 juta.
  • Kami juga menyediakan beragam layanan komunikasi lain termasuk layanan                interkoneksi jaringan telepon, multimedia, data dan layanan terkait komunikasi            internet, sewa transponder satelit, sirkit langganan, televisi berbayar dan layanan        VoIP.
  • Kami mendominasi lebih dari 60% pangsa pasar broadband di Indonesia yang              mencapai lebih dari 19 juta pelanggan. Kami sangat bangga bahwa bisnis layanan        data, internet dan Teknologi Informasi yang kami layani ini mampu mengkontribusi      35% terhadap total pendapatan perusahaan.
  • Kapasitas gateway internet kami yang terbesar di Indonesia,saat ini sudah lebih dari    106,4 Gbps. Kami selalu memastikan kecukupan kapasitas gateway internet agar          mampu mengantisipasi pertumbuhan trafik broadband yang tinggi baik fixed              broadband maupun mobile broadband.
  • Visi kami adalah menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan                  Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Service (TIMES) di              kawasan regional.

Kita sebagai warga negara Indonesia, harus senantiasa bangga terhadap produk dalam negeri termasuk mendukung penuh BUMN. Agar kesejahteraan masyarakat tercapai. Pembicara memberikan motivasi terhadap siswa siswi untuk melihat jauh masa depan, . pembicara menyampaikan lika liku perjalanan hidup di bidang pendidikan yang banyak rintangan. Hal  itu dapat dijadikan sebagai inspirasi dan inovasi untuk siswa SMA Negeri 1 Geger.

BUMN1

Bapak Haris Setyawan, ST Mgr.CCAN & WAN PT.Telkom Madiun memaparkan  “BUMN MENGAJAR”

Pada acara tersebut PT.Telkom Madiun memberikan kenang – kenangan berupa Pustaka Digital yang diserahkan langsung oleh  Bapak Putro  selaku GM WITEL Madiun kepada Kepala SMA Negeri 1 Geger Drs H. Makmun Fatoni, M.Pd dan disaksikan Kepala Dinas Pendidikan DR. H. Suhardi, MM. Pusta Digital berupa seperangkat komputer yang berisi lebih dari 15 ribu judul buku yang dapat diakses oleh siswa di SMA Negeri 1 Geger melalui  sebuah aplikasi yang terhubung dengan jaringan Internet. Kenang – kenangan  ini sangat sejalan dengan LITERASI yang merupakan salah satu Program SMA Rujukan yang diemban SMA Negeri 1 Geger

BUMN2

Setelah penyajian materi diadakan tanya jawab mengenai materi yang telah disamapaikan. Bagi  siswa yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri  dan dapat menjawab pertanyaan dari penyaji materi mereka mendapatkan kenang – kenangan dari PT.Telkom .Para siswa sangat responsif terhadap acara tanya jawab ini,dan merasa senang dengan kenang – kenangan yang berupa Power Bank, T Shirt, payung serta vocer Wifi – Corner

Salah satu yang membanggakan, “ Siswa – siswa SMA Negeri 1 Geger sangat bagus dalam menerima materi dan cukup memiliki pemikiran yang jauh kedepan “ kata Bapak Haris Setiawan,ST.

BUMN3

Mejeng bareng Kru “BUMN Mengajar “

LEAVE A REPLY