HOTS (High Order Thinking Skills) menyusun soal-soal keterampilan berpikir tingkat tinggi

HOTS (High Order Thinking Skills) menyusun soal-soal keterampilan berpikir tingkat tinggi

2
SHARE

Dengan ditunjuknya SMA Negeri 1 Geger sebagai salah satu SMA Model Pemenuhan SNP (Standar Nasional Pendidikan), guru-guru dituntut untuk meningkatkan kemampuan dan kualitasnya. Salah satu usaha yang dilakukan untuk pemenuhan ini adalah mengadakan pelatihan-pelatihan dalam bentuk IHT (In House Training) untuk guru-guru pengajar.

Pada hari Kamis 5 Mei 2016, SMA Negeri 1 Geger mengadakan kegiatan bertajuk Workshop Penyusunan Soal-Soal HOTS. Workshop ini diikuti oleh seluruh guru baik kelas X, XI dan XII dengan narasumber Bapak Mustain,M.Pd , beliau merupakan guru SMAN 2 Madiun yang telah mendapatkan pelatihan di tingkat Nsional.

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa itu HOTS atau soal-soal HOTS. HOTS adalah singkatan dari High Order Thinking Skills, dengan kata lain soal-soal HOTS adalah soal-soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dalam penyajian soal ada kaitannya dengan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari – hari yang penyelesaiannya dengan menggunakan materi yang tengah dipelajari siswa. Bukan hanya dalam menyelesaikan soal saja yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi tetapi dalam pembuatan soalnyapun membutuhkan pemikiran dan ketrampilan tingkat tinggi .

Penyusunan soal HOTS ini mempunyai tujuan guru dapat lebih mengembangkan kemampuannya untuk membuat atau menyusun soal-soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS – High Order Thingking Skills) tersebut juga  membentuk kualitas siswa yang lebih baik dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari – hari . Soal-soal semacam ini memang harus dikembangkan oleh guru dengan baik dan diterapkan di kelas yang diampunya.(mas ayu )

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.