SMAN 1 Geger, Sekolah E-Learning??

SMAN 1 Geger, Sekolah E-Learning??

0
SHARE
e-learning

Istilah e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah “maya”. Definisi e-Leaming   sangat luas, bahkan sebuah web besar yang menyediakan informasi tentang suatu topik dapat tercakup dalam lingkup e-Learning ini. Namun, istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi Internet.

e-learning
e-learning

Gambar Belajar tanpa batas ruang dan waktu

Sumber : http://framedia-inc.com/why-elearning.html

 Saat ini, Internet dan Intranet telah menjadi media   yang paling digemari.E-Learning dapat diakses melalui  PDA, tablet, dan handphone.

Tujuan e-Learning menitikberatkan pada efisiensi proses belajar-mengajar. Meskipun demikian, proses pembelajaran tetap mengacu pada kurikulum. Konsep Knowledge Management, belajar mandiri yang berbasis pada kreativitas peserta didik, akan mendorong peserta didik melakukan analisis hingga sintesis pengetahuan, menghasilkan tulisan, informasi dan pengetahuan sendiri menjadi fokus yang lebih mengarah ke masa depan.

Pembelajaran dengan e-Learning, semua proses belajar mengajar yang dilaksanakan dalam sebuah kelas dapat dilakukan secara “live” walaupun “virtual”, artinya pada saat yang sama seorang guru mengajar dengan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan peserta didik mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda. Walau pun dalam proses ini guru dan peserta didik tidak saling bertatap muka, namun secara tidak langsung mereka bisa saling berinteraksi pada waktu yang sama.  Dengan beberapa kali klik, semua proses belajar mengajar dapat diselesaikan dengan cepat, di samping secara psikologis, peserta didik menjadi jauh dari tekanan, baik dari pihak institusi pendidikan maupun guru.

Konsep dasar  e-learning merupakan program multi-channel yang menggunakan berbagai media elektronik dan digital dalam menjalankan fungsi pembelajaran berupa portal e-learning (web based e-learning) dan CD multimedia interaktif sebagai bahan ajar offline, serta teknologi teleconference atau tatap muka jarak jauh menggunakan media komputer yang dilengkapi dengan web camera dan microphone. Dengan demikian, memungkinkan guru  dan peserta didik dapat saling berinteraksi, bertatap muka dan berbicara dari jarak jauh.

Adapun konsep e-learning di SMA Negeri 1 Geger lebih luas dari hanya diproses pembelajaran, konsep e-learning harus mampu memadukan 4 hal, yaitu: Pendidik, TU, siswa dan masyarakat/orangtua.

e-learning harus dapat melayani, memadukan dan mengintegrasikan 4 sisi tersebut. Contoh penerapan e-learning di SMAN 1 Geger  yang dapat memadukan 4 hal tersebut adalah:

  1. Pendaftaran siswa baru Online
  2. Pengumuman online
  3. Ujian masuk SMAN 1 Geger jalur SPAK online, tahun 2016/2017 peserta ujian online 682 peserta diterima jalur SPAK 232
  4. Pengisian angket Peminatan MiPA dan IPS online
  5. Placement test Peminatan Online MIPA IPS
  6. Ulangan Harian Online
  7. Pada tahun 2015/2016 SMAN 1 Geger telah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ke 2
  8. Penunjang proses KBM telah terpasang Akses Point (wifi) di 17 titik diseluruh area SMAN 1 Geger
  9. Sebagai pelaksana dan operator Tes Uji Coba UNBK online untuk 10 SMA di Kabupaten Madiun tahun 2015/2016
  10. Adanya 3 taman wifi sebagai taman baca dan taman belajar full akses wifi
  11. Digunakannya 5 mesin Fingerprint Absensi siswa, guru dan tenaga kependidikan
  12. Untuk menjaga keamanan di lingkungan SMAN 1 Geger telah digunakannya 16 kamera CCTV yang dapat diakses real time menggunakan internet
  13. Sebagai bentuk laporan hasil belajar anak didik dari sekolah kepada masyarakat SMAN 1 geger menggunakan E-Rapor
  14. Dalam hal penyimpanan data nilai, data perangkat mengajar, data TU dan data lainnya SMAN 1 Geger sudah menggunakan data online dengan menggunakan server berkapasitas 3 tera
  15. Untuk menyampaikan informasi kepada guru, tenaga kependidikan dan orangtua siswa atau masyarakat terkait absensi setiap harinya melalui SMA, SMAN 1 geger telah menggunakan smsgateway
  16. Dan untuk memberikan informasi ke khalayak luas tentang: Visi, misi, struktur organisasi, Agenda, Informasi, Kegiatan, galeri, jadwal pelajaran, Link alamat web semua extra, OSIS, Kopsis dan lain sebagainya dapat di akses di website SMAN 1 Geger sman1geger.sch.id. (eLzam)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.