MEDIA PEMBELAJARAN SMA

MEDIA PEMBELAJARAN SMA

4
SHARE

AECT (Association for Education and Communication Technology) menyatakan bahwa sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Sumber belajar adalah bahan-bahan yang dimanfaatkan dan diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa buku teks, media cetak, media elektronik, narasumber, lingkungan sekitar, dan sebagainya yang dapat meningkatkan kadar keaktifan dalam proses pembelajaran.

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang tersedia di sekitar lingkungan belajar yang berfungsi untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar saja, namun juga dilihat dari proses pembelajaran yang berupa interaksi siswa dengan berbagai sumber belajar yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajari.

Sumber belajar ditetapkan sebagai informasi yang disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk media, yang dapat membantu peserta didik dalam belajar  sebagai perwujudan dari kurikulum. Bentuknya tidak terbatas apakah  dalam  bentuk  cetakan,  video,  format  perangkat  lunak  atau kombinasi dari berbagai format yang dapat digunakan oleh peserta didik ataupun pendidik. Sumber belajar juga diartikan sebagai segala tempat atau  lingkungan sekitar, benda, dan orang yang mengandung informasi dapat  digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan tingkah laku.

Internet, singkatan dari Interconnection And Networking, adalah jaringan informasi global.  Perkembangan  teknologi Internet yang sangat pesat dan merambah ke seluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh berbagai negara, institusi, dan ahli untuk berbagai kepentingan termasuk di dalamnya untuk dunia pendidikan. Sehingga sekarang ini, internet menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi dunia pendidikan.  Pemanfaatan Internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri.

Pemanfaatan internet bagi guru dapat dilakukan untuk keperluan pencarian materi ajar  yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut  pemanfaatan internet yang dapat digunakan guru dan siswa di gadget Android: pertama Buka Playstore, kedua ketik “media pembelajaran SMA”, klik Pasang, tunggu beberapa saat sampai pemasangan selesai, dan 100 lebih media untuk semua mapel siap didownload dan digunakan. (eLzam)

Proses cara memperoleh media tersebut dan instalasinya di android sebagai berikut:

ggr3 copyggr2 copyggr1 copy

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY