Mengajar “ Simple Past Tense” melalui Reading Text “ Narrative” dengan menggunakan...

Mengajar “ Simple Past Tense” melalui Reading Text “ Narrative” dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya

0
SHARE
Tutor Sebaya

Ibu EY biasa dianggil untuk Ibu Endang Yuliani, salah satu guru Bahasa Inggris SMAN 1 Geger yang suka berinovasi ini memanfaatkan anak didik untuk menguatkan Reading Text dengan memanfaatkan anak sebagai tutor yang dikemas dalam pembelajaran tutor sebaya. Menurut pandangan Ibu EY mengenai pembelajaran dan pengalaman dalam memanfaatkan tutor sebaya sebagai berikut :

Pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan yang melibatkan guru dan peserta didik yang disertai dengan media atau sarana  pembelajaran guna menunjang tujuan mengajar. Mengajar di IPS adalah sebuah pengalaman tersendiri bagi saya karena kelasnya sungguh sungguh heterogen sekali. Untuk mencapai keberhasilan topic di atas maka saya berusaha menggunakan metode / cara dimana siswa tidak merasa malas atau bahkan terbebani dengan pelajaran yang saat itu diterima. Pelajaran “ membaca “ memang terkadang membosankan karena  siswa harus memahami baik secara tersurat maupun tersirat.Dengan menggunakan model “ tutor sebaya “ saya sangat berharap siswa mampu :

  1. Mengidentifikasi bentuk “Past Tense “ melalui Reading Text
  2. Mengubah kata kerja bentuk present menjadi past
  3. Membuat kesimpulan dari teks yang diberikan dengan menggunakan bentuk past

Bagi saya pribadi, model pembelajaran itu menempati urutan kedua setelah kita menguasai materi yang akan kita ajarkan kepada siswa.Namun, model juga sangat berperan penting,karena tanpa model pembelajaran yang menarik siswa akan merasa bosan dan bahkan sulit mencerna materi.Untuk itu saya mencoba menggunakan metode “ tutorial teman sebaya “ karena menurut saya dengan menggunakan metode ini siswa merasa rileks tidak canggung untuk bertanya karena tutornya adalah teman sendiri ,selain itu  mereka juga mengunakan bahasa yang mudah dipahami temannya sendiri.Manfaat tutor sebaya dapat menjadikan siswa lebih baik memahami materi, siswa lebih senang belajar tanpa merasa terbebani , dan siswa lebih terbuka dengan teman sebaya daripada dengan gurunya.

Langkah – langkah pelaksanaan tutor sebaya:

  1. Pemberian materi kepada siswa secara keseluruhan
  2. Guru menjelaskan tujuan dari pemberian materi tersebut
  3. Guru mengkaitkan materi yang diajarkan sebelumnya
  4. Guru memberikan materi inti
  5. Pemilihan tutor, Tutor yang dipilih adalah siswa yang lebih mampu menguasai materi
  6. Pembagian kelompok, Kelompok dibagi berdasar jumlah siswa dengan ketua diambil dari tutor di atas
  7. Pembagian materi, Dalam hal ini materi yang diberikan adalah sama pada tiap kelompok karena materi yang diajarkan adalah “ Narrative Text “
  8. Diskusi Kelompok, Pada saat siswa berdiskusi maka guru wajib memonitor dengan berkeliling di tiap tiap kelompok, serta memberikan wawasan seandainya terjadi permasalahan
  9. Laporan, Masing – masing kelompok menyampaikan hasilnya
  10. Kesimpulan, Bersama para siswa, guru membuat kesimpulan dari diskusi kelompok tsb

Kesimpulan

Pembelajaran tutor sebaya merupakan pendekatan koopeatif dimana siswa secara tidak sengaja akan saling kooperatif dengan teman yang lain.Mereka mampu bersosialisasi dengan yang lain tanpa canggung. Mereka menjadi aktif dalam belajar

LEAVE A REPLY