Menggambar Obyek Matematika menggunakan Corel Draw

Menggambar Obyek Matematika menggunakan Corel Draw

0
SHARE

CorelDRAW adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di OttawaKanada. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya (Wikepedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas). CorelDRAW memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.  Selain itu CorelDRAW adalah suatu piranti lunak komputer yang digunakan untuk menggambar, membuat logo, membuat grafik dan gambar.

agus 2Dalam pembelajaran matematika tidak jarang kita diminta menyajikan gambar obyek-obyek matematika berupa grafik dan gambar, seperti grafik fungsi kuadrat, lingkaran, kubus dan lain sebagainya. Untuk itu Corel Draw adalah salah satu program yang sangat baik untuk menggambar obyek-obyek matematika. Namun dalam menggambar banyak sekali menu-menu yang harus digunakan.

 

Beberapa keunggulan program CorelDRAW antara lain adalah.

  1. agus 3Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.

Dengan kelebihan ini maka obyek matematika yang dihasilkan oleh CorelDRAW mempunyai kapasitas yang kecil namun kualitas gambarnya sangat baik, sehingga obyek matematika dengan mudah dimasukkan ke dalam Microsoft Office antara lain MS Word dan MS Power Point.

2.  Penggunaan, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.

Dengan kelebihan ini maka kita sebagai pendidik dapat dengan mudah dan cepat untuk mengoperasikan CorelDRAW untuk menyiapkan perangkat dan proses pembelajaran peserta didik

3. CorelDRAW sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.

Dengan kelebihan ini kita dapat mentransformasikan dan mengubah gambar, menggabungkan beberapa obyek matematika menjadi satu tampilan serta menambhakan tulisan atau simbol-simbol ke dalam gambar.

4. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan CorelDRAW. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

 

Di samping ada kelebihan maka CorelDRAW juga mempunyai kekurangan, antara lain :

  1. Kapasitas untuk menginstall sangat besar, bagi laptop atau komputer yang mempunyai memory dan kecepetan prosesor rendah akan mengalami hambatan, yaitu kecepatan laptop atau komputer menjadi lambat, bahkan hank (tidak berjalan).
  2. CorelDRAW seringkali memunculkan seri yang lebih baru dan lebih baik. Dalam hal ini gambar yang dihasilkan CorelDRAW yang lebih lama dapat dibaca oleh CorelDRAW yang lebih baru, namun tidak berlaku sebaliknya, gambar yang dihasilkan CorelDRAW baru tidak akan dapat dibaca oleh CorelDRAW yang lebih lama.

Dengan menu-menu yang sangat banyak akan membingungkan pengguna yang kurang mahir menjalankan laptop atau komputer.

Untuk itu penulis akan memberikan sedikit ilmu penggunaan program CorelDRAW untuk menggambar obyek matematika

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.